My Blogs

Menggapai Ilmu Setinggi Langit...


Jaringan GSM dengan algoritma lama dianggap sudah tak aman. Pasalnya algoritma yang baru dan lebih kuat yakni pada enkripsi 128-bit A5/1 kini telah tersedia. Dalam Konferensi bertajuk Chaos Communication Congress bertempat di Berlin, seorang teknisi dan ahli enkripsi Jerman berumur 28 tahun bernama Karsten Nohl, telah mengklaim bahwa ia berhasil menembus enkripsi algoritma 64-bit A5/1. Alhasil dengan tembusnya enkrpsi yang digunakan hampir di semua teknologi GSM Global tersebut, maka jaringan GSM dapat dikatakan tak aman lagi.

Nohl menyatakan bahwa dengan adanya celah keamanan tersebut, para hacker sangat potensial untuk menyusup dalam sebuah pembicaraan telepon. Jika hal in terjadi, maka kebocoran informasi secara global bukan hal yang tak mungkin lagi. Bayangkan sendiri bila informasi rahasia suatu negara dapat dicuri dengan mudah.

Nohl yang saat itu telah berhasil menembus jaringan GSM, mengklaim bahwa 'hacking' adalah sebuah proses pembelajaran akademis serta riset yang bertujuan meningkatkan jaringan keamanan. Akibat ulah Nohl tersebut, tentunya Asosiasi GSM yang berada di bawah hukum Amerika Serikat dan Inggris merasa tersentil. Kemudian Asosiasi itu pun mengklarifikasi bahwa klaim yang dikeluarkan Nohl tidak terlalu berbahaya seperti yang ia jabarkan.

Kohl mengimbau para operator untuk beralih teknologi enkripsi dari 64-bit A5/1 ke 128-bit A5/1 yang lebih kuat dan aman. Permasalahannya kini para operator belum terlalu berpikir untuk beralih teknologi. Apalagi dana yang dibutuhkan untuk pengembangan teknologi tersebut tidaklah sedikit. 

Sumber : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

IP Address Anda

Pengikut

Komentar Anda


ShoutMix chat widget

About this blog

Download Film Gratisss...