My Blogs

Menggapai Ilmu Setinggi Langit...

Teknologi yang digunakan para penjahat cyber semakin lama juga semakin canggih sehingga pihak perbankan pun harus memiliki sistem keamanan yang kuat untuk menghadangnya. Meski demikian, untuk terhindar dari tindak kriminal ini juga diperlukan peran aktif nasabah. ikuti 6 kiat untuk menghalau aksi pembobolan rekening ini :

1. Gunakan hanya kartu chip, jika bank belum memberikan kartu chip, Anda harus minta ganti dan jangan menggunakan untuk transaksi sebelum diganti. Aturan Bank Indonesia (BI) yang baru, sejak Januari 2010 kartu yang resmi dan boleh digunakan hanya kartu jenis chip.

2. Lindungi kode 3 angka (CVV2) di belakang kartu Anda. Kecuali untuk otorisasi transaksi online, kode itu tidak akan pernah digunakan untuk transaksi konvensional di mesin ATM, atau di counter EDC merchant. Tutup 3 angka di belakang kartu itu dengan sticker, cellotape apa saja yang tidak transparan

3. Ubah PIN Anda sesering mungkin. Parameternya sederhana, ketika Anda cukur rambut, ganti kaos kaki (karena mulai bau), atau ganti sikat gigi (karena sudah mulai kusut), itulah saatnya mengganti PIN kartu ATM Anda. Misalnya di pom bensin, biasanya sekarang ada mesin ATM, Anda bisa mengganti PIN ketika sedang transaksi pembelian BBM.

"Ini serius, musuh utama masalah keamanan adalah behaviour manusia itu sendiri, kebiasaan, kelakuan, sebagian besar pembobolan terjadi akibat dari eksploitasi terhadap kelemahan sosial, makanya disebut social engineering," menurut para ahli.

4. Jangan pernah memberikan informasi pin dan data pribadi
yang biasa digunakan untuk otorisasi perbankan kepada siapapun dengan alasan apapun termasuk pada customer service bank, seperti misalnya nama gadis ibu kandung dan lainnya. Kecuali memang yakin bahwa itu prosedur yang harus dilalui. Sebab sekarang banyak sekali pihak ketiga (misalnya perusahaan asuransi) dengan alasan kerja sama dengan pihak bank penerbit kartu, menawarkan produknya secara telemarketing dan Anda diminta memberikan informasi pribadi ini. Apabila ternyata itu bukan dari telemarketing tetapi dari sindikat pelaku fraud, Anda tidak pernah tahu dan tidak bisa melakukan kros cek dalam situasi ini.


5. Berhati-hati apabila menerima tawaran dari telemarketing
seperti itu, karena biasanya persetujuan yang anda berikan akan diterjemahkan sebagai kesediaan untuk melakukan auto ebet terhadap account anda. Ini berbahaya, lebih baik bila kurang yakin, Anda meminta waktu untuk melakukan konfirmasi kepada bank penerbit apakah benar pihak bank punya kerjasama dengan pihak telemarketing tersebut dan bagaimana aturan main serta risikonya.

6. Awasi terus keberadaan kartu Anda ketika berada di counter merchant, jangan biarkan kartu itu dibawa kemana-mana dan digesek ke mesin yang berbeda berkali-kali. Lebih baik Anda membatalkan transaksi dan tidak usah menandatangani apapun dan laporkan ke bank penerbit apabila curiga dengan kondisi di suatu counter merchant.

Awasi juga kondisi mesin EDC, apakah nampak ada perangkat tambahan atau sambungan kabel tambahan yang mencurigakan. Tapi ini perlu pemahaman teknis, pengguna awam biasanya tentu akan sulit membedakan.

Kita mesti ingat, begitu kita gesek kartu itu, maka semua informasi penting akan tercatat oleh mesin EDC dan sebagian bahkan di print out. Seperti nama, nomor kartu dan tanggal masa berlaku (kadang kala tanggal mulai menggunakan).

Seseorang tidak perlu punya ingatan super untuk menghapal deretan kode angka yang tertera di kartu. Kalau Anda lengah cukup banyak waktu bisa digunakan pelaku untuk mencatat informasi itu (thrasing). Bahkan mereka bisa saling kerja sama misalnya berdua, satu orang sengaja mengalihkan perhatian Anda dan satunya yang membawa kartu mencatat atau bahkan menggesekkan kartu anda ke mesin skimming yang tidak terlihat.

Sumber : detik.com

Lihat Selengkapnya......

Banyak kejadian sehari-hari di sekitar Anda yang mungkin tidak Anda mengerti atau mungkin sudah disalahpahami. Saya mencoba membantu Anda sedikit memahami apa, kenapa dan bagaimana hal itu bisa terjadi :

1. Lengah di saat berkendaraan selama 1 detik dalam kecepatan 40 km / jam itu sama dengan Anda telah menempuk jarak 11 meter tanpa kesadaran. Bayangkan bila pada saat Anda berkendara jarak antara kendaraan Anda dengan kendaraan di depan adalah 10 meter, maka kelengahan dalam 1 detik bisa berakibat Anda menabrak kendaraan di depan Anda. Penyebab kelengahan tersebut antara lain mengantuk, melamun, bertelepon genggam, mendengar musik atau makan nasi bungkus sambil berkendara .

Penjelasannya : 40 km / jam setara dengan 40.000 m / 3600 detik setara dengan 11,11 meter / detik. Jadi setelah satu detik Anda sudah berada pada posisi 11,11 meter dari titik semula.

2. Upaya menghilangkan rasa pedas atau panas di dalam mulut setelah Anda makan cabe atau sambal dengan minum air dingin atau es malah akan menambah rasa pedas lebih tajam. Sebaliknya bila Anda minum air hangat akan mengurangi rasa pedas tersebut. Tapi bila minum air dingin bergantian dengan air panas, hal itu akan membingungkan mulut Anda.

Penjelasannya : Air dingin hanya memberi efek rasa enak sementara rasa pedas masih ada apabila rasa dingin hilang, efek pedas akan lebih tajam disebabkan perbandingan rasa antara dingin air dengan pedasnya atau panasnya cabe terlalu jauh. Bila Anda minum air hangat, selain perbandingan rasa yang tidak terlalu jauh, air hangat juga merangsang ujung-ujung syaraf untuk mengirimkan pesan kesusunan syaraf pusat sampai ke otak dan merangsang otak untuk memerintahkan tubuh mengeluarkan zat yang bersifat analgetik atau penghilang rasa sakit secara alami. Sehingga rasa pedas pun berkurang.

3. Menggunakan baterai berpasangan secara bercampur antara baterai ½ pakai dengan baterai baru, akan memperpendek umur baterai baru 2 kali lebih cepat.

Penjelasannya : ½ bahan kimia yang kehabisan energinya dari baterai ½ pakai akan menyerap ½ energi listrik kimia dari baterai baru. Sedangkan hasil penyerapan oleh baterai bekas tadi tidak bisa digunakan karena bahan kimia di baterai bekas sudah usang.

4. Mencuci sepatu olah raga Anda akan mempercepat berkurangnya umur sepatu Anda. Jadi biar lebih awet, sepatu Anda jangan terlalu sering dicuci, atau jangan dipakai sekalian.



Penjelasannya : Sifat lem, yang biasanya digunakan pada sepatu olah raga, adalah apabila terkena air dan sabun daya lengketnya akan semakin berkurang.

5. Membiarkan hidup lampu pijar di rumah Anda dalam jangka waktu lama akan memperpendek umur lampu pijar tersebut sehingga Anda akan boros karena harus lebih sering membeli lampu. Sedangkan terlalu sering memati-hidupkan lampu neon (flurescence atau lampu TL) Anda dalam satu malam, akan menyebabkan pemakaian daya listrik lebih banyak, dibandingkan apabila Anda membiarkannya hidup terus menerus satu malam. Apalagi bila lampu neon dijadikan lampu disko, dijamin lebih cepat rusak.

Penjelasannya : Sifat lilitan filament (kawat) yang terletak di tengah-tengah lampu pijar apabila dialiri arus listrik adalah terbakar dan kemudian memancarkan cahaya (fluorisensi). Semakin lama lampu pijar dinyalakan, suhu filament yang dibakar lama kelamaan akan terus meningkat. Apabila lampu pijar menyala terlalu lama dan panas tadi melewati ambang batas kemampuan filament, maka filament perlahan-lahan akan meleleh dan kemudian putus.
Sedangkanpada lampu neon bahan utamanya adalah gas neon. Gas yang terbakar akan berionisasi dan ion-ion yang dihasilkan itulah yang kita lihat memancarkan cahaya. Sifat gas neon adalah membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembakarannya namun apabila sudah terbakar peningkatan panas lebih lambat (lampu neon mengeluarkan cahaya lebih dingin dibanding lampu pijar). Jadi apabila Anda terlalu sering memati-hidupkan lampu neon, maka setiap kali dihidupkan akan diperlukan daya listrik lebih banyak untuk membakar gas neon di dalamnya dari pada bila kita membiarkannya hidup.

6. Minum es jeruk manis (menggunakan gula) bersama-sama dengan makan bakso memang enak (apalagi kalau gratis), tetapi tidak akan membantu menetralisir lemak pada kuah dan bakso Anda dengan baik, malahan akan mempercepat proses terjadinya peningkatan timbunan lemak di dalam tubuh.

Penjelasannya : Sifat es yang dingin akan membekukan lemak yang kita makan sehingga ikatannya akan menjadi lebih kuat (sulit untuk diuraikan). Sedangkan gula akan menambah timbunan lemak, karena sakrosa pada gula di dalam darah akan diurai menjadi glukosa. Glukosa yang tidak habis terpakai sebagai energi, hanya akan ditimbun di bawah lapisan daging dan kulit sebagai lemak. Jadi sebaiknya minum air jeruk dalam keadaan hangat dan tidak pakai gula.

7. Tidur ½ jam dengan lelap pada siang hari dapat memberikan kesegaran kembali setelah bangunnya dengan nilai yang setara dengan tidur 1 jam dengan lelap pada malam harinya. Tetapi apabila lebih dari ½ jam (1 jam atau lebih), Anda malah akan merasa kelelahan.

Penjelasan : Secara alami berdasarkan jam tubuh kita (kebiasaan kita), metabolisme tubuh (proses kerja sistem tubuh, termasuk menghasilkan energi) pada siang hari berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan malam hari. Hal ini disebabkan aktivitas pada siang hari membutuhkan energi lebih banyak di banding malamnya. Di dalam tidur terjadi penurunan percepatan metabolisme tubuh dikarenakan tubuh dalam keadaan beristirahat. 

Dalam ½ jam pertama kita tidur pada siang hari percepatan penurunan metabolisme tubuh belum seberapa, sehingga efek segar terasa di saat kita bangun, bahkan setara dengan 1 jam apabila Anda tidur malam hari. Karena pada malam hari kecepatan metabolisme tubuh memang dalam keadaan lambat, Sedangkan pada ½ jam pertama kita tidur pada siang hari, kecepatan metabolisme tubuh masih cepat dan menghasilkan energi lebih banyak dibanding malam harinya, sehingga kita merasa lebih segar.



Namun apabila kita tidur sampai 1 jam atau lebih pada siang hari, tubuh akan mengalami percepatan penurunan metabolisme yang lebih tajam karena tubuh beranggapan bahwa kita sudah tidak akan beraktivitas lagi. Pada saat kita bangun kita menjadi merasa sangat lelah. Hal ini disebabkan jumlah energi yang dihasilkan metabolisme tubuh lebih sedikit karena mengalami penurunan percepatan, sedangkan kebutuhannya lebih banyak.
Sedangkan bila kita tidur cukup pada malam harinya, pada saat bangun pada pagi hari kita akan merasakan tubuh lebih segar disebabkan metabolisme tubuh secara otomatis berdasar jam tubuh (kebiasaan kita) akan meningkat percepatannya pada saat matahari mulai terbit.


Lihat Selengkapnya......


Beberapa dari kita memiliki kebiasaan untuk bekerja berlama-lama  di depan monitor PC. Alhasil mata lelah dan kepala pening pun tak dapat dihindari sehingga mempengaruhi kesehatan mata kita. Efeknya kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang dan sebagainya yang diakibatkan pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat kita bekerja.



Ada beberapa tips menghindari mata lelah, saat berada di depan monitor :

1. Jaga jarak pandang dari monitor.

Berada terlalu dekat dengan monitor memang sedikit membahayakan bagi mata kita. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari mata.

Jika kita masih kesulitan membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inchi, cobalah untuk memperbesar font kita hingga kita merasa nyaman.

2. Singkirkan CRT, Beralih ke LCD

Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Cobalah mengganti monitor CRT kita dengan LCD.

Namun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT. Bagi kita yang masih menyeyangi monitor CRT, ada baiknya kita membeli filter anti-radiasi. ini adalah solusi untuk mengurangi rasa nyeri mata akibat duduk berlama-lama di depan monitor, namun dengan harga yang murah.

3. Atur monitor setting

Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut.

Misal settingan seperti, 'text' atau 'internet' akan terasa lebih sejuk di mata, saat kita gunakan untuk mengetik ataupun browsing. Setingan 'game' atau 'movie' akan terlihat lebih terang saat digunakan.

4. Gunakan kacamata anti radiasi


Walau hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, namun ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.


Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

5. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala


Cara termudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit tiap jamnya. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan, mencuci muka dan sebagainya. Yang penting menjauh dari monitor.

Sumber : Detik.com

Lihat Selengkapnya......


Kita mempergunakan Intel core i7 965 dari kecepatan standar 3,2GHz menjadi 4GHz hanya dengan menaikkan kecepatan FSB, itu pun karena dibatasi oleh pendingin prosesor yang masih standar. Memang sejatinya Intel Core i7 965 sudah memiliki kecepatan yang sangat memadai untuk menjalankan aplikasi terberat sekalipun. Kecepatan yang tinggi tersebut tentunya tidak luput juga dari jumlah Multiplier yang dimilikinya. Apa itu Multiplier?

Muliplier adalah suatu rasio antara clock internal prosesor dengan clock eksternalnya, rasio itupun dapat diubah untuk menentukan kecepatan prosesor. Misalnya, Intel Core i7 965 memiliki Multiplier 24 dengan FSB 133MHz. Ini berarti prosesor tersebut memiliki kecepatan default 24 X 133MHz = 3192 MHz atau sama dengan 3,2 Ghz.

Namun perlu diketahui tidak semua prosesor memiliki Multiplier yang dapat dinaikkan (unlock Multiplier), malah sebagian besar prosesor yang beredar kini hanya dapat diturunkan Multipliernya (Multiplier Lock).

Menaikkan jumlah Multiplier adalah suatu overclocking yang sangat aman untuk dilakukan, karena perubahannya tidak akan berdampak pada melonjaknya kecepatan FSB ataupun memory.

Dengan kombinasi yang tepat antara kecepatan FSB, memory dan jumlah Multiplier, maka para overclocker akan mendapatkan kecepatan prosesor yang optimal.

Jika kombinasi tersebut masih dirasakan kurang, para pengguna masih dapat menaikkan jumlah Voltase. Ada dua jenis Voltase dalam komputer, vCore, adalah sebutan Voltase untuk prosesor dan vDIMM sebutan Voltase untuk memory. Namun, menaikkan jumlah Voltase memiliki risiko yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan menaikkan Multiplier atau pun FSB.


Menaikkan Voltase semata-mata hanya perlu dilakukan jika sistim tidak berjalan dengan baik akibat overclocking yang berlebih.

Kesimpulannya, untuk melakukan overclocking bukanlah perkara sulit, tetapi tetap saja mengandung risiko yang dapat menyebabkan kerusakan pada hardware. 

Apalagi, para vendor komputer tidak memberikan garansi untuk kerusakan akibat overclock, benar-benar sebuah mimpi buruk jika itu sampai terjadi.

Hal itu tentunya bisa dicegah jika pengguna tidak melakukan overclock berlebihan, yang artinya komputer tetap stabil, temperatur tidak berlebihan atau kenaikan kecepatan yang tidak terpaut jauh dari kondisi semula.


Sumber : Detik.com

Lihat Selengkapnya......


Mungkin kita sudah sering mendengar istilah overclock, tapi mungkin sebagian dari kita belum tahu apa itu sebenarnya overclock? secara garis besar overclock dapat diartikan sebagai mengoperasikan perangkat melebihi standar yang telah diterapkan oleh pembuatnya. Beberapa perangkat keras yang kerap menjadi 'korban' para overclocker-- sebutan bagi para pelaku overclock-- adalah prosesor, kartu grafis, dan memory RAM.

Meng-overclock sebuah perangkat bukanlah tanpa risiko. Hardware yang menjadi korban overclock bisa saja mengalami kerusakan yang fatal. Apalagi jika akan digunakan untuk menunjang aplikasi sehari-hari, tentunya umur dari perangkat tersebut akan semakin singkat.

Lalu kenapa perlu melakukan overclock? Dengan melakukan overclock pengguna akan mendapatkan ekstra performa dari perangkat yang telah digunakan. Hal itulah yang akhirnya mendorong para pengguna komputer dengan dana terbatas untuk melakukan overclock.

Kini overclock bukan hanya saja menjadi solusi hemat untuk meningkatkan performa komputer, namun makin mengarah ke seni, hobi dan memuaskan rasa penasaran. Hal itu makin diperkuat dengan makin maraknya kompetisi overclock di Indonesia. Bukan hanya untuk unjuk kebolehan, tetapi terkadang sekadar untuk memuaskan hasrat ingin tahu.


Bagaimana Awal Melakukan Overclocking?

Untuk dapat memaksimalkan overclocking diperlukan beberapa pendukung, misalnya jika pengguna ingin melakukan overclock prosesor, tentunya hal tersebut juga harus diimbangi oleh sebuah pendingin ekstra maupun motherboard yang memadai.



Untuk percobaan kali ini menggunakan procsesor Core i7 965 sebagai 'korban'-nya. Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah Front Side Bus (FSB). FSB dapat dikatakan sebagai kecepatan komunikasi antara prosesor dengan memori. Menaikkan kecepatan FSB adalah tehnik dasar untuk melakukan overclocking. Pengguna dapat menentukan sendiri kecepatan FSB melalui BIOS, tentunya hal tersebut harus didukung dengan motherboard yang memadai.


Perlu diketahui, FSB memiliki kecepatan yang sangat erat hubungannya dengan memori. Tidak peduli jika pengguna menggunakan jenis memori DDR1, DDR2 ataupun DDR3 kecepatan memori akan selalu 2 kali lipat dari kecepatan FSB. Walaupun ada beberapa motherboard yang menerapkan rasio perbandingan 1 banding 1,33.   


Misalnya DDR2 800, hal ini dapat asumsikan bahwa kecepatan FSB berada pada 200MHz. Kenapa begitu? Karena memori selalu berlari 2 kali lebih cepat daripada FSB, yaitu 400MHz, sedangkan makna DDR sendiri adalah Double Data Rate, yang berarti kecepatan memori kembali ditingkatkan menjadi 2 kali lipat.


Sumber : Detik.com



Lihat Selengkapnya......


Pada kali ini saya akan membahas cara meproteksi folder dengan password :
Anda punya data penting dalam suatu folder dan ingin folder tersebut diproteksi dengan password ? Inilah caranya :




1. Klik-kanan pada tempat kosong disamping folder yang akan diproteksi, kemudian pilih CUSTOMIZE   
    THIS FOLDER, kemudian pilih CREATE HTML DOCUMENT FOR THIS FOLDER.

2. Kemudian anda akan masuk ke Notepad, Gulung layar sampai melihat
script
    language=”JavaScript”> setelah itu tekan [ENTER] untuk menyisipkan baris setelah string.  
   
    Sekarang masukkan perintah ini :
 
            var pass = prompt(“Enter the password”) [tekan ENTER]
           
if(pass != “PASSWORDANDA”)[ Tekan ENTER]
           
{window.location=”C:”} [Tekan ENTER]

    Catatan:Tulis Password Anda


3.Simpan dokumen anda

4.Refresh atau tekan F5 Explorer


5.Selesai dan lihat hasilnya….. :-)





Lihat Selengkapnya......

Meskipun pengaruh radiasi ponsel terhadap beberapa penyakit seperti tumor otak masih dipertanyakan, namun para peneliti tetap mengkhawatirkan efek terakumulasinya radiasi tersebut. Apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi radiasi tersebut?

Dalam situs The Food and Drug Administration's disebutkan bahwa bukti adanya hubungan antara ponsel dengan masalah kesehatan memang belum ada, namun FDA membenarkan bahwa ponsel mengeluarkan radiasi level rendah dan energi radiofrekuensi (RF) tidak panas yang tidak akan merusak DNA.

Meskipun demikian, energi RF bersifat kumulatif dan bisa juga membahayakan jika berlebihan. Apalagi saat ini sudah banyak anak-anak yang memiliki ponsel dan berisiko terkena radiasi tersebut. Jika ketika masih kecil sudah terkena radiasi tersebut, kemungkinan pada saat dewasanya akan mengalami gangguan kesehatan.

Sebelumnya, organisasi The Environmental Working Group (EWG) pernah melakukan studi pada tahun 2007 dan melaporkan bahwa adanya peningkatan jumlah anak hiperaktif sebesar 80 persen pada anak-anak yang semasa kecilnya menggunakan ponsel atau ketika di dalam kandungan ibunya sering menelepon dengan ponsel.

Risiko penyakit lainnya yang diprediksi bisa muncul dalam jangka waktu 10 tahun dengan intensitas penggunaan yang sering adalah glioma atau tumor otak (60 persen), tumor kelenjar ludah (50 persen), migrain dan vertigo (10-20 persen).

Pada tahun 2008, parlemen di Eropa pernah melakukan resolusi untuk mengembangkan radiasi ponsel yang lebih kecil namun aturan itu hingga kini belum bisa diaplikasikan. Untuk itu, satu-satunya langkah mengurangi radiasi tersebut adalah dengan menjauhkannya sebisa mungkin dengan organ tubuh.

"Sebaiknya gunakan speaker daripada mendekatkan ponsel ke telinga. Jarak otak dan telinga yang dekat akan membuat radiasinya cepat masuk ke otak. Menggunakan speaker bisa menjauhkan jarak radiasi hingga 15 inci dan mengurangi RF ke otak hingga 1/225th," ujar Dr. Andrew Weil seperti dilansir Huffington Post, Senin (12/10/2009).


Selain itu, Andrew pun menyarankan agar:

1. Menggunakan telepon umum (biasa) jika ingin berbicara cukup panjang
2. Jika tidak memungkinkan memakai speaker, gunakan headset untuk menjauhkan radiasi dari tubuh
3. Tidak meletakkan handphone dalam satu ranjang ketika sedang tidur
4. Cari tahu berapa jumlah RF dari ponsel dengan menggunakan metode Specific Absorption Rate atau         
    SAR.  Di Amerika, SAR yang diperbolehkan adalah 1,6 watt per kilogram dan setiap ponsel memiliki   
    SAR yang berbeda-beda.
5. Setiap perusahaan ponsel memberi keterangan label emisi radiasi pada ponselnya agar konsumen bisa 
    lebih  mengantisipasi bahayanya.

Sumber : Detik.com


Lihat Selengkapnya......


Pernahkah direpotkan oleh virus yang menyerang komputer Anda? Sementara update antivirus kita belum mampu mengenali program jahat yang mangacau tersebut. Mengapa tidak mencoba iseng-iseng menganalisis sendiri?



Untuk virus lokal sendiri sebenarnya mudah untuk menganalisisnya, karena pasti karakterisitknya sama. Yang pertama kita harus memiliki internet, untuk mencari tools-tools yang secara gratis bisa diunduh di beberapa situs. Selain itu virus lokal juga bisa dilihat melalui list proses Windows melalui task manager, untuk melihat jenis file aneh yang running. Di samping itu kita juga bisa menganalisanya melalui registry tools (reg. edit).

Untuk user yang lebih advanced ada 2 tools yang mungkin bisa digunakan yakni pack detection dan unpack program serta VB decompiler. Karena biasanya virus lokal berbasis VB. Setelah kita memiliki tools-tools tersebut, kita bisa mulai menganalisa dengan tahapan-tahapan yang sederhana :

  1. Pahami dulu jenis virus yang menyerang: Icon apa yang disamarkan serta ukurannya.
  2. Pahami karakteristik virus. Apakah membuat file duplikat, menyembunyikan file, menginjeksi file, atau menampilkan pesan tertentu.
  3. Pahami cara kerja virus: Apa yang diubah virus, apakah registry, file induk yang dibuat, atau fungsi windows yang diblok.
  4. Pahami penyebaran virus: Apakah melalui USB flash disk atau folder yang di share, karena biasanya virus lokal menyusup melalui 2 media tersebut.
  5. Siapkan beberapa tools yang digunakan.
Sumber : Detik.com

Lihat Selengkapnya......


Meski Nokia memastikan belum ada korban atas beredarnya 14 juta charger yang bisa membuat pengguna tersetrum listrik, tetap saja konsumen harus waspada. Simak tips singkat mengenali charger bermasalah tersebut.



Ada 3 langkah yang direkomendasikan Nokia untuk mengecek pengisi baterai bermasalah yang berasal dari sejumlah model tersebut.



1. Identifikasi nomer model charger yang tertulis di bagian kanan atas charger. Jika model charger Anda
    adalah AC-3E atau AC-3U atau AC-4U, Anda patut waspada.

2. Identifikasi nama produsen charger itu di bagian tengah kiri. Jika nama produsen adalah 'BYD', maka
    hampir bisa dipastikan charger Anda termasuk yang bermasalah.

3. Identifikasi digit ke 7 sampai digit ke 9 pada 26 digit yang terdapat pada kode tanggal produksi di bagian
    bawah. Jika kode produksi pada charger model AC-3E atau AC-3U adalah antara '925' dan '932' maka
    charger Anda termasuk dalam program pertukaran tanpa biaya.


Sementara jika kode produksi pada charger model AC-4U adalah antara '916' dan '943' maka charger Anda juga termasuk dalam program pertukaran gratis. Kode lain selain yang terdaftar di atas tidak termasuk dalam program penukaran ini dan tidak perlu mengambil langkah lebih lanjut.



Sedangkan bila charger Anda tidak memenuhi 3 langkah di atas, maka charger tersebut tidak termasuk dalam pertukaran ini alias aman untuk digunakan.

Nokia menghimbau konsumen dengan charger yang termasuk dalam lingkup program pertukaran ini untuk segera menghentikan penggunaan charger dan  melakukan penukaran yang dimaksud tanpa biaya.

Sumber : Detik.com

Lihat Selengkapnya......

Di Amerika, sebanyak 15 juta kendaraan ditarik dari pasaran, atau mengalami peningkatan mendekati hampir 50 persen dari tahun sebelumnya. Dua pabrikan besar, Ford dan Toyota menjadi salah satu penyebab utamanya. Pada tahun 2008, hampir 10,5 juta kendaraan, termasuk mobil, motor, bus, yang dipanggil kembali untuk mengalami perbaikan.

Toyota Motor Corp melaporkan hampir 4,9 juta kendaraan yang ditarik dari pasaran, terutama karena penarikan kembali dari 4,26 juta Prius akibat laporan dari "percepatan mendadak", Ini adalah recall terbesar tahun 2009. Bulan lalu, Toyota menyatakan akan mengkonfigurasi ulang pedal gas pada kendaraan, memperpendek pedal agar tidak nyangkut di karpet lantai. Pabrikan Jepang itu pun telah berjanji untuk mulai memperbaiki kendaraan pada bulan Januari. Juru bicara Toyota, Mike Michels, mengatakan perusahaan tidak senang dengan lonjakan recall. "Tetapi yang paling penting adalah kita melakukan hal yang benar dan memperbaiki masalah," ujarnya di Detroit News, Kamis (31/12/2009)

Sementara Ford Motor Co, menarik 4,5 juta kendaraan pada tahun 2009. Sebagian besar sebanyak 4,3 juta, ditarik kembali pada bulan Oktober akibat kerusakan yang terkait dengan kebakaran ratusan mobil. Diikuti tindakan 18 bulan penyelidikan federal, Pabrikan telah menarik 14,1 juta kendaraan akibat switch pada 550 kendaraan yang kebakaran dengan 1.500 keluhan, dan terkait dengan beberapa kematian yang mencurigakan.

Kemudian, GM menarik sebanyak 2,97 juta kendaraan tahun ini, lebih turun dibandingkan dengan 1.93 juta di tahun 2008,tapi itu masih lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya.

Chrysler menarik 600.000 unit tahun 2009, sementara tahun 2008 sebanyak 360.000 unit. Honda Motor Co merecall 450.000 unit tahun 2009, sementara tahun 2008 sebanyak 797.000 unit.

Tahun 2009 ini nampaknya bisa dikategorikan sebagai tahun recall atau penarikan mobil di dunia. Jutaan mobil ditarik pada tahun ini. Sebagian besar pabrikan otomotif yang ada di dunia tercatat terpaksa harus menarik beberapa produk mereka di pasaran pada tahun kerbau ini.


Sementara itu, Nissan pun seolah 'tidak mau kalah' menarik kembali kendaraan mereka dari pasaran. Sebab di tahun 2009 Nissan tercatat menarik 143.000 unit mobil mereka dari pasaran Amerika karena ditemukan kelemahan di sensor tekanan ban mereka. Model-model yang direcall antara lain Nissan Cube dan Murano keluaran tahun 2009, Nissan Rogue buatan tahun 2008, serta Infiniti M35 dan M45 dengan tahun produksi 2008 sampai 2010.

Sementara pabrikan asal Jerman, VW dan Audi secara bertahap juga menarik kembali unit yang mereka pasarkan di negeri paman Sam. Sekitar 13.500 unit Jetta dan Eos menjadi permulaan setelah terjadi kerusakan teknis pada transmisi DSG yang mereka aplikasi. Kerusakan ini dianggap merugikan para penggunanya. Audi Q5 juga ditarik kembali karena masalah dalam kabin.

Setelah itu penarikan mobil VW berlanjut dengan recall 43.000 unit VW dan 10.000 unit Audi karena kesalahan yang sama. Model yang ditarik adalah model keluaran tahun 2007 sampai 2009 yakni Volkswagen R32, Jetta, SportWagen Jetta, GTI, Eos,
Audi A3 dan TT.

Begitu pula Audi yang juga kembali melakukan penarikan terhadap 10.000 unit A3 dan TT yang sudah beredar di pasaran, karena terjadi permasalahan pada katup penutup tanki bahan bakar, sehingga menyebabkan bocor.

Sementara perusahaan mobil asal Swedia, Volvo juga menarik kembali sekitar 26.000 unit kendaraan yang telah dipasarkan diseluruh dunia. Terutama Volvo keluaran 2008 hingga 2010 akibat kerusakan pada sistem komputerisasi yang terdapat di mesin Volvo tipe S80, V70, XC60, XC70 dan S80L yang diproduksi di China.

Sedangkan Hyundai terpaksa harus menarik sekitar 91.202 mobil sedan Sonata di AS
karena ada masalah dalam handle pintu. Disain handle pintu Sonata ditengarai
terlalu runcing sehingga dikhawatirkan akan membahayakan penumpang Sonata
sendiri. Ini bukanlah yang pertama, karena pada tahun 2008 silam Hyundai juga
melakukan penarikan sekitar 390.000 unit Sonata yang dikeluarkan tahun
2006-2008.

Hal yang sedikit berbeda terjadi pada BMW ketika mereka menarik kembali varian Z4 teranyar mereka. Z4 ditarik karena adanya pembenahan piranti listrik yang bila dibiarkan dapat menimbulkan kegagalan fungsi dari sabuk pengaman.

Suzuki Motor juga menarik sekitar 130.000 mobil van dan pick up mereka dari seluruh Jepang. Mobil-mobil ini antara lain van Every dan pick Carry sebanyak 122.190 unit dan mobil Scrum sebanyak 7.576 unit karena bermasalah pada sistem ban belakangnya. Scrum sendiri merupakan mobil keluarga dari Suzuki yang dijual
untuk Mazda Motor.

Recall pun ternyata tidak hanya terjadi pada mobil 'biasa' saja, sebab 2.356 unit Ferrari F355 buatan antara tahun 1995-1999 pun terpaksa juga harus ditarik akibat terdapat kesalahan di sistem penyaluran bahan bakar.

Begitu pula kendaraan offroad Yamaha, Rhino 450 dan Rhino 660, juga terpaksa di
tarik dari pasar Amerika karena menyebabkan banyak kecelakaan yang menimbulkan
banyak sekali kecelakaan.

Itu baru penarikan kembali di segmen roda empat, sebab beberapa merek di segmen
roda dua alias motor pun ternyata juga mengalami hal yang sama.

Hal tersebut bisa dilihat pada pabrikan motor sangar Ducati yang pada bulan
Oktober lalu melakukan recall terhadap 1098R dan 1198S buatan tahun 2009 serta
Streetfighter model tahun 2010 akibat kesalahan pada penjepit selang bahan bakar
mereka yang membuat mesin jadi sedikit bermasalah dan kemungkinan terjadinya
kebocoran bahan bakar serta kesulitan melakukan starter kendaraan.

Sedangkan di waktu yang sangat berdekatan BMW pun juga mengumumkan akan menarik kembali K1300S yang diproduksi antara tanggal 1 Oktober 2008 sampai dengan 31 Mei 2009 serta K1300GT bikinan 1 November 2008 dan Mei 31 2009 karena terindikasi mengalami kesalahan pada bagian kelistrikannya sementara Triumph dikabarkan menarik kembali produknya yakni Sprint ST1050 model tahun 2005-2009.

Perusahaan sepeda motor asal Amerika Serikat yang bermarkas di Milwaukee,
Wisconsin, Amerika Serikat, Harley-Davidson pun juga harus menarik sekitar
111.569 unit HD yang mereka produksi sekitar 6 Juni 2008 hingga 19 November
2009.

Penarikan itu terjadi karena motor Harley mengalami cacat produksi pada tangki bahan bakar minyak yang mengikat pada sasis motor. Tangki bensin diprediksi dapat bocor secara tiba-tiba akibat fungsi las penyambung yang dinilai rentan bocor. Bahkan jika bensin menyambar pada sistem pengapian mesin, faktor terburuk yaitu bisa menyebabkan ledakan yang mengakibatkan kematian.

PT Mabua Harley-Davidson yang menjadi ATPM HD di Indonesia pun langsung
mengimbau agar para pengguna motor HD yang diproduksi pada rentang waktu itu
untuk melapor ke bengkel resmi HD.

Dan yang terakhir, pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki, juga menarik kembali
259 unit Ninja 250R dari pasar Amerika akibat terjadi kebocoran oli di mesin
motor andalannya itu.

Penarikan di Amerika itu berimbas ke Indonesia, sebab PT Kawasaki Motor Indonesia pun juga langsung mengumumkan akan menarik sekitar 30 unit Ninja 250R produksi bulan Agustus 2009 akibat kesalahan yang sama.

Yang pasti, penarikan kembali ini merupakan salah satu tanggung jawab produsen kepada konsumennya. Jangan sampai konsumen yang sudah dirugikan tidak mendapat haknya.

Lihat Selengkapnya......



     Game MMORPG lokal, Nusantara Online, menggelar uji coba di Universitas Gunadarma. Uji coba dilakukan menjelang peluncuran versi Beta game ini. Game bertipe Massive Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) seperti Nusantara Online sudah selayaknya mampu dimainkan oleh ratusan orang pada saat yang bersamaan. Untuk mengetahui kemampuan game Nusantara Online dalam hal itu, penerbit game Nusantara Wahana Komunika (Nusakom) menggelar uji coba serentak pada Kamis (31/12/2009).

    Uji coba tersebut dilakukan dari empat lokasi, dua lokasi di Bandung (pada kantor pengembang Sangkuriang Studio dan Telegraf), satu lokasi di Jakarta (di kantor Nusakom) serta satu lokasi lagi di Depok (Universitas Gunadarma).

    "Kami sengaja melakukan uji coba dari beberapa lokasi untuk mengetahui kemampuan server kami saat ini. Kurang lebih, dari seharian ini, akan ada 100 pengguna dari empat lokasi tersebut," ujar Sigit Widodo, Chief Operation Officer Nusakom. Menurut Sigit, pada pertengahan Januari 2010 game tersebut akan memasuki tahap Beta. Sedangkan di bulan Februari rencananya game itu akan mulai tersedia secara komersial.

    Sigit mengaku optimistis game yang dikembangkan secara mandiri ini akan mampu menjaring sekitar 100.000 pengguna di masa-masa awalnya.

    I Made Wiryana, Chief Technology Officer Nusakom, mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan server pada jaringan Telkom. Nantinya kapasitas dan kemampuan server itu akan selalu ditingkatkan sesuai kebutuhan.


    "Tantangannya memang cukup menarik, untuk membuat sebuah infrastruktur di balik layanan game seperti ini. Boleh dibilang kami memulai dari awal untuk semuanya, baik dari sisi pengembangan maupun dari penerbitnya," ujar pria yang juga menjadi dosen di Universitas Gunadarma tersebut.

    Menurut pengamatan yang dilkakukan, pengujian yang berlangsung sejak pukul 09:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB itu cukup menarik minat mahasiswa. Para penguji silih berganti berdatangan sejak pagi didorong oleh rasa penasaran. Meskipun, tak bisa dipungkiri, masih terjadi masalah dalam pelaksanaannya. Masukan dan kritikan dari para mahasiswa pun terlontarkan selama pengujian tersebut. Misalnya, ketika waktu dalam permainan beralih dari siang hari menuju malam. "Wah, gelap banget nih," ujar salah seorang mahasiswa yang menggunakan tokoh bernama 'Templar'.

    Hal lain yang juga jadi sorotan adalah masih seringnya terjadi error yang memaksa game berhenti di tengah-tengah permainan. Selain beberapa hal terkait kemampuan musuh (binatang buas) yang mudah sekali membunuh tokoh yang dimainkan.

    Sigit mengakui dalam tahapan awal seperti ini akan banyak ditemui kelemahan. Pihaknya memperkirakan pada periode Beta nanti game ini akan lebih baik lagi.


Sumber : Detik.com

Lihat Selengkapnya......

IP Address Anda

Pengikut

Komentar Anda


ShoutMix chat widget

About this blog

Download Film Gratisss...