My Blogs

Menggapai Ilmu Setinggi Langit...

Microsoft diduga sedang menyiapkan sistem operasi khusus Tablet yang bisa digunakan pada perangkat dengan prosesor ARM. Konon OS ini akan diungkap Januari 2011. 

Dugaan itu muncul berdasarkan laporan di Bloomberg yang mengutip sumber-sumber tanpa nama. Seperti dikutip detikINET, Rabu (22/12/2010), Microsoft konon akan menghadirkan sistem operasi khusus tablet itu di ajang Consumer Electronics Show (CES) di Januari 2011.

Sistem operasi baru itu konon dirancang untuk perangkat berbaterai, termasuk Tablet dan perangkat genggam lainnya. Selain berjalan pada platform berprosesor ARM, ia juga bisa berjalan di atas x86 (Intel dan AMD).

Microsoft memang belum memberikan pernyataan resminya soal ini. Hanya saja, di pertengahan 2010, Microsoft diketahui sudah melakukan kerjasama untuk melisensi chip ARM.

Sistem operasi buatan Microsoft yang mendukung ARM sejauh ini adalah Windows Phone 7 dan Windows Embedded. Selain itu, ada juga Windows CE di masa lalu.

Jika kabar ini benar, Microsoft akan bersaing lebih baik melawan Apple (dengan iOS-nya) dan Google (yang memimpin pengembangan Android). Baik iOS maupun Android telah terbukti di perangkat tablet berbasis ARM seperti iPad atau Galaxy Tab.

Lihat Selengkapnya......

Western Digital (WD) resmi merilis hard drive terbaru mereka yang bekapasitas 3 TeraByte (TB) di Indonesia. Konon, produk tersebut merupakan hardisk dengan kapasitas terbesar yang ada di pasaran.

WD memang terbilang cukup cepat dalam merilis varian harddisk di kalangan pengguna komputer. Vendor yang bermarkas di Amerika Serikat itu pun memiliki serangkaian produk baru yang membidik berbagai kalangan, seperti yang terbaru WD Caviar Green 3TB.

Hardisk internal komputer dengan kapasitas 3TB memang belum banyak dijumpai di pasaran, bahkan WD mengklaim bahwa merekalah vendor pertama yang memiliki produk tersebut.

"WD selalu jadi yang pertama, dan kini kami jadi pertama di dunia yang merilis hardisk internal komputer berkapasitas 3TB," klaim, Albert Chang, Mobile Business Development Manager Asia Pacific, di Grand Hyatt Hotel, Rabu (22/12/2010).

WD Caviar Green 3TB selain memiliki kapasitas terbesar di kelasnya, produk ini juga memiliki teknologi yang lumayan canggih, misalnya penggunaan (Serial Advanced Technology Attachment) SATA versi 3.0.

Versi tersebut diklaim bisa mentransfer data hingga 6Gigabit (Gb) tiap detik. Ini berarti dua kali lipat dari versi sebelumnya (versi 2.0) yang hanya bisa menyemburkan data sebanyak 3Gb/detik.

"Kami sempat membandingkan dengan hardisk lain yang masih menggunakan SATA 2.0. Dan hasilnya, WD Caviar Green 3TB memiliki performa hingga 17 persen lebih cepat," ujar Chang.

Pun demikian ada faktor lain yang perlu diperhatikan ketika pengguna berniat meminang produk ini. Pasalnya WD Caviar Green 3TB tidak didukung oleh seluruh sistem operasi.

"WD Caviar Green 3TB tidak kompatibel dengan Windows XP, Vista atau 7 versi 32 bit, jadi saya sarankan untuk menggunakan Windows 7 64bit. Sedangkan untuk pengguna Mac atau Linux produk ini bisa digunakan seperti biasa," tambah Chang.

WD Caviar Green 3TB secara resmi telah tersedia di Indonesia. Hardisk dengan cache memory sebesar 64MB ini dijual pada kisaran harga Rp 3,5 juta.

Sumber : detik.com

Lihat Selengkapnya......

Dua perusahaan pengembang sistem operasi (OS) di China, China Standard Software (CSS) dan National University of Defense Technology (NUDT), bekerja sama menghadirkan OS merek lokal untuk menantang dominasi platform Windows Microsoft.

Baik CSS maupun NUDT sama-sama merupakan pengembang OS terpandang di negeri asalnya, mengingat produk yang dikembangkannya banyak digunakan konsumen setempat. Tampaknya ini dimanfaatkan sebagai modal bagi keduanya menyusun strategi untuk meluncurkan OS bernama NeoKylin.

CSS dan NUDT bertekad mendepak Windows dari negaranya dan ingin agar NeoKylin  digunakan di seluruh sektor ekonomi negeri tirai bambu tersebut.

"Kesepakatan kerjasama ini memiliki arti lebih yakni sebagai jalan mewujudkan lingkungan OS domestik yang lebih kuat bagi China," kata juru bicara CSS. 

CSS adalah pembesut seri desktop NeoShine Linux, yang di dalamnya termasuk juga OS yang sengaja diciptakan untuk penggunaan di kalangan pemerintahan, bisnis dan komputer personal. Sementara NUDT, mengembangkan KylinOS sebagai alternatif keamanan terhadap software dari asing seperti Windows.

Software buatan CSS dan NUDT sebenarnya sudah banyak digunakan komputer di kantor-kantor pemerintahan China. Meski demikia tetap saja, Windows Microsoft masih mendominasi penggunaan OS di negara tersebut.

Belum diketahui kapan OS ini akan meluncur di China, karena CSS maupun NUDT masih merahasiakannya. Sementara itu, pihak Microsoft belum ada yang bersedia memberikan komentar terkait dengan hal ini. (Detik/ComputerWorld)

Lihat Selengkapnya......

Intel yakin pasar tablet dunia akan segera diramaikan oleh perangkat yang menggunakan prosesor Atom mereka. Tak kurang dari 35 perangkat telah dijanjikan.

Klaim itu disampaikan CEO Intel, Paul Otellini dalam sebuah konferensi. 35 jenis tablet, dari 15 merek, diklaim Ottelini akan hadir di 2011. Beberapa merek yang telah disebutkannya termasuk Asus, Dell, Lenovo dan Toshiba.

Saat ini pasar tablet lebih ramai oleh produk dengan prosesor berbasis ARM. Paling menonjol tentunya Samsung dengan prosesor Hummingbird pada Galaxy Tab dan Apple A4 pada iPad.

Ottelini memperkirakan tablet dengan Intel Atom  akan menjalankan berbagai sistem operasi. Mulai dari MeeGo yang dibuat Intel dan Nokia, Android-nya Google hingga Microsoft Windows.

Tablet dengan Intel Atom diramalkan mulai muncul pada paruh pertama 2011. "Anda (juga) akan melihat, pada paruh kedua 2011, jajaran smartphone merek terkenal akan menggunakan Intel," ujar Ottelini.

(Sumber : detik.com)

Lihat Selengkapnya......

Teknologi jaringan seluler terus berkembang, menjawab kebutuhan industri yang juga semakin beragam. Salah satu teknologi terbaru adalah LTE (Long Term Evolution) yang dikategorikan mengusung teknologi 4G.

Operator telekomunikasi PT XL Axiata menjawab tantangan tersebut dengan mulai melakukan ujicoba LTE. Ujicoba ini dilakukan melalui siaran langsung televisi (live report) pertama di Indonesia bersama salah satu stasiun televisi swasta Indonesia.





"Kebutuhan pelanggan dan masyarakat atas layanan seluler kini telah beranjak ke soal kualitas. Bukan lagi sekedar bisa nelpon dengan tarif murah. Kami sangat memahami, karena dengan kualitas jaringan yang memang benar-benar bagus akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari layanan seluler," kata Direktur Network XL, Dian Siswarini di sela acara ujicoba teknologi LTE, di Graha XL, Senin (20/12/2010).

Ditambahkan Dian, dari apa yang didengar dan pelajari mengenai LTE diketahui bahwa LTE menawarkan sejumlah keunggulan dan sesuai untuk GSM. Karena itu kami perlu mengujinya secara langsung agar bisa mengetahui cara kerja dan apa saja yang bisa dilakukan oleh teknologi yang katanya demikian canggih.

Sementara itu, Presiden Direktur XL Axiata, Hasnul Suhaimi mengatakan, saat ini memang belum bisa disebutkan berapa tarif yang akan dikenakan untuk teknologi LTE.

"Kami juga belum bisa menyebutkan berapa target pelanggan, atau investasinya, masih belum bisa," kata Hasnul.

Sesuai dengan izin yang diberikan regulator, ujicoba hanya terbatas di area Grha XL, kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Ujicoba akan meliputi pengujian atas kecepatan dan kemampuan teknologi LTE dalam mendukung kegiatan sehari-hari seperti streaming video, download musik, broadcating gambar/video dan sebagainya. Untuk mendukung program ujicoba ini, XL juga melakukan kerjasama dengan sejumlah universitas, seperti Universitas Indonesia serta Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Pada ujicoba kali ini, XL mencatat kecepatan LTE hingga kisaran 100 Mbps untuk download. Selain itu untuk mendownload file multimedia (foto) dengan ukuran 350 MB, dengan LTE hanya dibutuhkan waktu 66 detik. Padahal saat ini untuk ukuran file tersebut dibutuhkan waktu sekira dua jam.

(Sumber : okezone.com)

Lihat Selengkapnya......

Nokia dikabarkan akan merilis smartphone berbasis sistem operasi Windows Phone 7 pada tahun 2011.

Nokia telah terlibat pembicaraan serius dengan Microsfot untuk pengembangan handset berbasis sistem operasi mobile terbaru Microsoft tersebut.

Eldar Murtazin dari Mobile reviews mengungkapkan, bahwa Nokia dipastikan akan merilis ponsel tersebut. Memang Kedengarannya kabar tersebut aneh? mengingat Meego dan versi baru Symbian dipuji oleh banyak orang sebagai 'juru selamat' bagi perusahaan. Dengan merilis perangkat Windows Phone 7, Nokia diprediksi hanya untuk 'coba-coba' setidaknya untuk sementara waktu.

Eldar tak meyebutkan secara rinci sumber tersebut. Namun dugaan tersebut sepertinya bisa dipercaya, terlebih setelah Nokia kini digawangi oleh Stephen Elop yang tak lain orang yang pernah bekerja di Microsoft. Faktor, kehadiran Elop inilah yang diduga membuat Nokia berpaling ke Windows Phone 7.

Raksasa ponsel asal Finlandia, diketahui kini tengah berjuang untuk keluar dari keterpurukan di pasar ponsel. Bahkan kondisi penjualan ponsel Nokia yang tergerus membuat manajemen Nokia melakukan perampingan perusahaan secara besar-besaran, ini menyusul rencana mereka untuk memberhentikan 1.800 karyawan PHK di seluruh dunia.

(Sumber : Okezone.com)

Lihat Selengkapnya......

Bagi pengguna browser Mozilla Firefox , tips berikut bisa meningkatkan kecepatan Mozzila FireFox anda hingga 25% sampai 40%.

1. Buka Mozilla Firefox anda dan ketik "about:config" (tanpa  
    tanda petik) pada address bar dan tekan enter.
    scrolling kebawah dan cari entries seperti di bawah ini:

    network.http.pipelining
    network.http.proxy.pipelining
    network.http.pipelining.maxrequests

2. Ubah setting entries di atas seperti di bawah ini , caranya dg men double-klik pada entries atau klik-kiri   
    -enter pada entries :

     Set "network.http.pipelining" menjadi "true" (defaultnya false)

     Set "network.http.proxy.pipelining" menjadi true

     set "network.http.pipelining.maxrequests" menjadi nilai seperti "32". artinya akan membuat 32 request 
     dalam sekali.

3.klik-kanan (dimana saja)-> select New-> Integer. ketik nglayout.initialpaint.delay pada prefence name,
   kemudian set nilai menjadi "0" (nol).

4.Selesai. boleh juga anda restart komputer anda biar lebih fresh...!!!

Secara default browser Mozilla Firefox akan membuat satu request untuk satu halaman web dalam satu kali . ketika enable pipelining, itu akan membuat beberapa halaman dalam sekali. dan akan mempercepat page loading

Tambahkan juga addon FasterFox supaya browsing internet Anda bisa lebih kencang lagi.

(Sumber : trikatmgratis.blogspot.com)

Lihat Selengkapnya......

Tak usah repot-repot membuka situs belanja satu demi satu kalau hanya ingin mencari barang yang diinginkan. Mencari lewat mesin search engine Google mungkin jalan keluar yang selama ini banyak dilakukan orang. Namun, hasilnya belum tentu sesuai harapan. Saat ini, ada situs lokal yang khusus menyediakan layanan pencarian barang-barang yang sedang ditawarkan sejumlah situs e-commerce

Coba saja layanan di PriceArea.com. Situs ini melihat perkembangan online shopping dan situs-situs e-commerce di Indonesia yang mencapai ratusan hingga ribuan toko online. PriceArea menggunakan sebuah mesin penjelajah situs (web crawler) untuk mengindeks seluruh produk dari situs-situs toko online atau marketplaces secara otomatis dan real time.

Kemudian, layanan pencariannya akan menghadirkan sebuah situs mesin pencari belanja untuk membantu calon pembeli menemukan penawaran barang dan harga dengan mudah, cepat dan akurat. Bahkan, klasifikasi barang tertentu sesuai kisaran harga yang diminta bisa ditampilkan.

Situs ini juga dirancang khusus agar dapat menjadi alat bantu bagi pedagang retail, pemilik toko online dan situs marketplace dalam aktifitas pemasaran online. Para pengusaha dapat mengirimkan seluruh barang jualan, meningkatkan merek, meningkatkan pengunjung kedalam situs hingga mendapatkan pelanggan baru. Selain sebagai mesin pencari belanja, PriceArea juga menyediakan halaman khusus agar para anggotanya dapat membangun komunitas jejaring belanja, seperti bertukar informasi belanja dan informasi lainnya seputar aktivitas berbelanja.

Pada tanggal 13 Oktober 2010, PriceArea.com yang didirikan Andry Suhaili mendapat suntikan investasi dari East Ventures, sebuah perusahaan dari Singapura yang berfokus di investasi pada perusahaan-perusahaan start up. East Ventures juga mendukung proses inkubasi PriceArea.com sebagai mesin pencari belanja nomor satu di Indonesia. Berangkat dengan visi membidik jaringan global, saat ini PriceArea.com baru melayani pasar Indonesia. 
(Sumber : kompas.com)

Lihat Selengkapnya......

Ratusan orang mengantre untuk bisa mendapatkan iPad di eStore, Ratu Plaza, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/12/2010). Mulai Sabtu, produk keluaran Apple tersebut memang resmi dijual secara ritel di Indonesia.
"Dari jam setengah sepuluh sudah ada antrean di depan toko kami, dan memang kami sudah mengiklankan di media cetak dan jejaring sosial," kata Yuanita Agata, Marketing Communication eStore.

Apple meluncurkan iPad enam bulan lalu di pasaran Amerika Serikat, dan untuk pasaran Asia sebelumnya hanya sampai di Singapura. Apple Store sebenarnya juga sudah melayani pembelian dari Indonesia, tetapi jarak pengiriman 2-3 minggu dari saat pemesanan. Jadi banyak peminat yang langsung membeli saat produk ini resmi dijual di Indonesia.

"Hingga sore kami memperkirakan sudah terjual 200-an unit, belum bisa kasih jumlah pasti pembeli karena belum kami hitung. Untuk iPad with Wi-Fi + 3G dengan kapasitas memori 64 Gigabyte langsung habis hari ini dan ada pembeli yang inden (menunggu)," kata Yuanita.

Menurut Yuanita, Apple sengaja mempercepat peluncuran iPad di Indonesia sebelum Natal, supaya bisa dijadikan sebagai hadiah Natal. Toko eStore menawarkan iPad dengan harga mulai dari Rp 4.790.000. 
 
(Sumber : kompas.com)

Lihat Selengkapnya......

Hobi telanjang menjadi isu nasional yang menggegerkan di Singapura. Kasus ini terkuak setelah polisi menerima sejumlah laporan mengenai pria yang suka lari telanjang di jalan raya.

Dalam laporan yang diturunkan The Straits Times, polisi menerima 105 laporan tersebut dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Dalam insiden terakhir ini melibatkan seorang pria yang berjalan menuju ke resto McDonalds di Queensway dan mencoba memesan sarapan pada pukul empat dini hari.




Polisi mengatakan, si pelaku kebanyakan eksibisionis atau pencari perhatian. Beberapa orang di antara mereka ingin mendapatkan perhatian, sementara yang lainnya suka melihat wajah kaget orang lain.

Namun, tindakan ini membuat banyak warga Singapura merasa dipermalukan. Tetapi, jumlah orang yang suka telanjang di jalanan ini berisiko terkena denda atau di penjara.

(Sumber : kompas.com)

Lihat Selengkapnya......

Volume Spam global mungkin menurun, tapi tingkat bahayanya disinyalir naik. Berikut adalah enam hal yang harus dihindari demi menghalau penyebaran spam.

Dalam laporan bulanan Symantec Messaging and Web Security disebutkan bahwa volume global email sampah (spam) menurun.

Meski demikian ini bukan alasan untuk menjadi lengah dan tidak lagi melakukan prosedur keamanan yang dibutuhkan.

Nah, berikut adalah enam hal yang menurut Symantec sebaiknya tidak dilakukan oleh pengguna internet. Larangan ini perlu untuk menghalau penyebaran spam.

1. Membuka lampiran dari email yang tidak dikenal


Jangan tergoda untuk membuka lampiran pada email yang terlihat mencurigakan. Kadang lampiran itu memang punya nama yang menggoda, namun bisa jadi isinya adalah program jahat.

2. Membalas spam

Mungkin karena kesal atau alasan lain, pengguna bisa tergoda untuk membalas email spam dengan sumpah-serapah atau permintaan untuk tidak dikirimi email lagi.

Hati-hati, karena biasanya alamat yang digunakan itu adalah palsu dan jika dibalas justru akan melahirkan lebih banyak spam lagi ke Inbox.

3. Isi Form via Email


Trik pencurian data yang sering dilakukan adalah meminta calon korban mengisi data pribadi lewat form yang ada di email, atau form yang link-nya ditampilkan dalam email.

Symantec mengatakan, perusahaan terkemuka tidak mungkin meminta informasi pribadi Anda melalui email. Jika ragu, hubungi perusahaan itu lewat jalur resmi terpisah. Jangan mengklik atau copy-paste dari link dalam pesan.

4. Membeli produk atau jasa dari pesan spam


Meskipun produk atau jasa itu terdengar menarik, sebaiknya jangan mencoba untuk melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan lewat spam. Hal ini hanya akan mendorong orang untuk terus menggunakan spam.

5. Membuka pesan spam

Jika sebuah pesan sudah jelas adalah spam, misalnya karena ditandai oleh Spam Filter yang digunakan, ini artinya pesan itu memang sudah seharusnya dibuang.

6. Meneruskan Email Berantai


Banyak peringatan soal virus, bahaya keamanan dan hal-hal lain yang disebarkan lewat email. Karena ada kemungkinan hal semacam itu hanya kabar burung (hoax) belaka, sebaiknya jangan ikut-ikutan mengirimkan pesan berantai.


Sumber : detik.com

Lihat Selengkapnya......

Google telah mengembangkan aplikasi browser baru yang memetakan seluruh tubuh manusia. Ini diklaim bisa membuat semua orang menjadi dokter dadakan. Bagaimana caranya?

Layanan ini bernama Google Body Browser, sebuah aplikasi tiga dimensi berteknologi tinggi yang dianggap sebagai terobosan dalam studi anatomi. Ini dapat dianggap sebagai revolusi pemahaman kita soal tubuh manusia dan jalur cepat penelitian medis.

Meskipun belum dirilis secara resmi, penggunaan layanan itu mudah digunakan seperti navigasi Google Earth.

Fitur tersebut mungkin menjadi alat yang sempurna bagi hypochondriacs yang sering menggunakan Google untuk mencari tahu penyebab rasa sakit yang mereka derita, dan menganalisis setiap gejala di tubuh secara amatir.

Google Body Browser juga memperkenalkan teknologi internet terbaru yang dikenal dengan nama WebGL. Ini memungkinkan grafik tiga dimensi yang rumit untuk digunakan pada halaman web biasa, tanpa perlu plug-in browser khusus seperti Flash atau Java.

WebGL diharapkan menjadi standar di versi terbaru di sebagian besar internet browser, termasuk Firefox.

(inilah.com)

Lihat Selengkapnya......

Pada 2010 banyak kemunculan UFO di China. Sebagian sudah dibantah oleh astronom, namun masih ada yang jadi misteri.

People Daily melaporkan penampakan di Pujiang, provinsi Zhejiang pada 3 September . Wang Chunlin, dari Pujiang provinsi Zhejiang mengatakan kepada media lokal ia memiliki video pengamatan UFO dan ia menegaskan video itu asli. Penduduk lain, Yang Zhenhai melihat objek mengkilap di langit dan menyebarkan berita itu di grup obrolan online. Wang yang juga temasuk dalam kelompok itu kemudian merekamnya.

Penampakan lain adalah pada 7 Juli di Hangzhou provinsi Zhejiang. Anggota Staf di Bandara Internasional Hangzhou melihat objek melalui peralatan pemantauan mereka sekitar jam 21.00 dan segera menutup bandara dan banyak penerbangan tertunda. Staf bandara mengatakan mereka tidak bisa melihat objek secara langsung, tetapi beberapa warga Hangzhou menyatakan mereka melihat sebuah UFO sekitar pukul 01.00. Tidak ada bukti apa yang mereka lihat itu adalah objek yang sama yang muncul di dekat bandara.

Penampakan 26 Juli 3 terjadi di Leshan, provinsi Sichuan. Tiga benda berkilau menyerupai matahari muncul di langit sekitar jam 8 malam dan penduduk Leshan dilaporkan banyak yang menyaksikan. Objek itu bertahan selama lebih dari 10 menit. Wang Sichao, seorang astronom dari Observatorium Gunung Ungu, Academy of Sciences China mengatakan penampakan itu disebabkan oleh bias sinar matahari.

Pada jam 8 malam 21 Maret, penduduk Chongqing mulai mendiskusikan beberapa benda mengkilap yang mereka lihat. Objek itu digambarkan sebagai 2-4 benda mengkilat yang bergerak cepat di langit. Astronom lokal mengatakan hal itu mungkin disebabkan oleh bias petir.

Penampakan juga terjadi di Hong Kong pada 8-9 September . Hari itu sedang badai di Hong Kong dan banyak penduduk mengatakan mereka melihat UFO. Benda itu dijelaskan berbentuk bulat dengan deretan lampu. Wang Sichao, seorang astronom di Purple Mountain Observatory, China Academy of Sciences mengatakan hal itu mungkin disebabkan oleh bias petir.

UFO dilaporkan muncul di daerah otonom Liuzhou, Guangxi Zhuang pada 11 Agustus. Sebuah objek yang sangat berkilat, terbang dengan kecepatan tinggi dan menjadi topik panas di stasiun radio lokal. Objek itu dijelaskan sebagai berdiameter 20 cm dan panjang 120 cm, dengan ujung depan kuning dan latar belakang lampu hijau. Beberapa warga mengatakan anak-anak yang takut pada obyek mengkilap itu menangis. Beberapa warga dari Guilin dan kota Nanning mengatakan mereka juga melihat objek itu. Beberapa astrophiles menjelaskan hal itu adalah meteor.

Pada 11 Oktober, UFO terlihat di Taiyuan provinsi Shanxi. Media setempat mengatakan bahwa dua benda mengkilap muncul di langit pada malam 11 Oktober. Satu objek berukuran besar dan lainnya kecil.

UFO terlihat di Pingyao, provinsi Shanxi pada 22-23 September. Dua fotografer muda, Gu Peiwen dan Sun Jiali memotret objek mengkilap saat mengambil gambar di Pingyao saat malam. Seorang wanita muda yang baru saja lewat juga yakin dia melihat objek yanag ada di dalam foto. Benda itu datar dengan dua cahaya balok.

Pada 11 September UFO dilaporkan muncul di daerah otonom Baotou, Mongolia. Biro manajemen lalu lintas udara lokal melihat UFO melalui peralatan pemantauan mereka 40 kilometer timur Baotou sekitar pukul 20.00 dan meminta bandara di Baotou menjadwal ulang beberapa penerbangan. Pada 22.00, penerbangan kembali normal.

Pada malam hari banyak warga Urumqi melihat benda terbang bundar mengkilat mengarah perlahan ke timur, dengan lampu belakangnya. Keesokan harinya objek itu menjadi topik panas di stasiun radia lokal. Beberapa astronom mengatakan objek sebenarnya adalah sebuah rudal yang diluncurkan oleh militer AS.

(inilah.com)

Lihat Selengkapnya......

Gadget Award kembali memilih deretan gadget-gadget terbaik di kelasnya. Untuk perhelatan di 2010 ini, gelar bergengsi 'Gadget of The Year' jatuh ke tangan Samsung Galaxy Tab. Bagaimana dengan gadget lainnya?


Samsung rupanya tak hanya berjaya di satu nominasi. Vendor asal Korea Selatan itu juga membawa pulang penghargaan dari nominasi Best Fashion Gadget, Best Smartphone, Best Pocket Camera, Best TV, dan Best Tablet.

Vendor lain tentu bukan tanpa taji. Sebut saja HTC, Nokia, Dell, Sony yang juga berbagi gelar di sejumlah nominasi. Berikut adalah hasil lengkap pemenang Gadget Award 2010:

- Gadget of The Year: Galaxy Tab
- Best Fashion Gadget: Samsung 3D TV C9000
- Best Smartphone: Samsung Galaxy S
- Best Innovative Smartphone: HTC Desire
- Best Camera Phone: Nokia N8
- Best Pocket Camera: Samsung NX100
- Best DSLR Camera: Sony Alpha A55
- Best TV: Samsung C9000 3D
- Best Netbook: Benq Joybook Lite U105
- Best Notebook: Sony Vaio E series
- Best Gaming Notebook: Alienware M17x
- Best Tablet: Samsung Galaxy Tab
- Best All in One PC: Dell Studio One
- Best Local Brand: HT Mobile
- Best Innovation Local Brand: HT Mobile
- Best Design Local Brand: TiPhone
- Best Android Local Brand: Nexian Journey
- Best Monitor: AOC
- Best Eco Green Monitor: BenQ
- Best Camcorder: Sony Blogie
- Best GSM Provider: Indosat
- Best Innovation GSM: XL
- Best CDMA Provider: Esia
- Best Innovation CDMA: Flexi
- Best Blackberry Provider: Indosat
- Best Internet Service Provider: SmartFren
- Kaskus best brand: Nokia
- Kaskus best smartphone: Samsung Galaxy S

Sumber : detik.com

Lihat Selengkapnya......

Richard Stallman, pendiri Free Software Foundation, meluncurkan kritik pedas pada Chrome OS. Sistem operasi buatan Google itu disebut berbahaya.

Stallman bukan orang sembarangan kalau bicara soal sistem operasi. Ia adalah pencetus sistem operasi GNU, OS gaya UNIX yang dijadikan dasar pembuatan Linux.

Menurut Stallman, bahaya besar dari Chrome OS adalah desakan menyimpan data di server dan bukan pada komputer masing-maisng. Padahal server-server itu tidaklah dalam kendali pengguna.

"Di Amerika Serikat, anda kehilangan hak-hak legal jika menyimpan data di mesin milik perusahaan dan bukan milik pribadi. Polisi harus memiliki surat dari pengadilan untuk menggeledah data di rumah Anda, tapi di server, Anda tak perlu tahu apa-apa. Bahkan, bisa saja mereka melakukannya tanpa surat dari pengadilan," tutur Stallman.

Konsep dari Chrome OS memang sesuai dengan istilah 'cloud computing'. Semua data, dan bahkan aplikasi, pada Chrome OS disimpan di server. Stallman mengatakan, istilah Cloud Computing tidak cocok lagi. "Mungkin istilah 'careless (ceroboh-red) computing' akan lebih cocok," ujarnya.

Di sisi lain, Stallman menyukai bahwa Chrome OS sebenarnya dibangun di atas sistem operasi GNU/Linux. "Esensinya, Chrome OS adalah sistem operasi GNU/Linux. Tapi, ia dihadirkan tanpa aplikasi yang biasanya, dan diatur agar mengurangi dan mengesampingkan instalasi aplikasi," ia menambahkan. (Detik.com)

Lihat Selengkapnya......

Tahun depan masih menjadi tahun pertaruhan bagi Nokia sebagai produsen ponsel terbesar di dunia. Kendati belum dipastikan akan merilis ponsel seperti apa, ada bocoran mengenai roadmap yang akan dikeluarkan, khususnya di ponsel cerdas nanti.

Nokia akan menyasar ke pasar pada tahun 2011 dengan pilihan perangkat baru, termasuk beberapa dengan prosesor dual core dan kamera berkemampuan zoom optik.

Rumornya ponsel Nokia yang dengan teknologi optical zoom ini akan dihadirkan pada akhir 2011 atau 2012. Selain itu Nokia juga akan melaju dengan prosesor dual core berkemampuan 1GHz, untuk memenuhi kebutuhan aplikasi di perangkat genggam mereka.

Selain itu Symbian akan diperbarui di kuartal satu juga dengan beragam pembaharuan perangkat tambahan seperti tampilan baru dan antarmuka yang lebih manis dan user friendly. Home screen lebih fleksibel, browser HTML5 diperbaharui dan pengalaman perangkat lunak lebih mudah untuk update.

Penyataan ini sendiri datang setelah berita bahwa Nokia E7 ditunda lagi dan Nokia akan memotong sejumlah besar pekerjaan pada tahun 2011. (Okezone)

Lihat Selengkapnya......

Tidak ingin kecolongan dengan para pesaingnya, salah satunya Google Inc., Microsoft Corp. kini mulai memfokuskan pada pengembangan cloud computing atau komputasi awan yang segera menjadi tren dunia. Corporate Vice President Microsoft Corp. Orlando Ayala mengungkapkan, Microsoft sangat serius memfokuskan pada riset pengembangan komputasi awan.

"Sebanyak 70 persen dari sumber daya (Microsoft) kami kerahkan ke sini (komputasi awan). Dari total 9,5 miliar dollar anggaran untuk riset dan pengembangan tahun ini, 7,5 miliar dianggarkan ke sini (komputasi awan)," ujarnya di sela-sela konferensi Accelerating Asia Pasific 2010 yang diselenggarakan Microsoft Corp., 14-15 Desember di Singapura.

Kegiatan ini menghadirkan perwakilan berbagai praktisi di bidang sosial, ekonomi, pendidikan dan jurnalis dari berbagai negara di Asia Pasifik antara lain dari China, Taiwan, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Vietnam, dan Indonesia.
Saat ini Microsoft tengah memproduksi sejumlah piranti lunak yang bekerja pada sistem komputasi awan, antara lain Windows Azure dan Microsoft Office 365. Tingginya investasi di komputasi awan ini sebanding dengan peluang keuntungan yang akan didapat.

Diperkirakan, tahun 2010 saja, peluang pendapatan dari bisnis cloud computing mencapai 68,3 miliar dollar AS. Cloud computing merupakan sistem komputasi kolaboratif berbasis jaringan internet. Sistem terbaru ini memungkinkan para pengguna komputer berbagi berbagai sumber daya, baik itu piranti keras, perangkat lunak, dan memiliki satu pusat data yang terkoneksi lewat internet.
Sehingga, ke depan, pengguna komputer tidak lagi perlu memiliki alat perangkat keras ataupun software semata untuk mengoperasikan sebuah program. Model komputasi ini dinilai mampu menghemat anggaran pengadaan alat-alat TIK hingga 80 persen.

Diakui Orlando Ayala, kemunculan komputasi awan mau tidak mau mengubah paradigma dan model bisnis yang selama ini dijalankan Microsoft. Tetapi, sekaligus menciptakan peluang. Fokus akan tetap ke sini (cloud computing), namun bisnis model lama tetap dijalankan.

Selain Microsoft, Google Inc adalah perusahaan raksasa dunia di bidang TIK yang sangat serius menyambut kemunculan era komputasi awan. Kedua perusahaan raksasa ini bersaing untuk merebut pasar. Google misalnya, telah melahirkan mesin Google App berbasis cloud system yang juga merupakan pionir dari model komputasi awan. Risetnya telah dimulai sejak 10 tahun lalu. (kompas.com)

Lihat Selengkapnya......

Toshiba Corp akan menghabiskan dana sekitar 100 miliar Yen (sekitar Rp 10 triliun lebih) demi memasok layar LCD untuk Apple.

Dikatakan bahwa Toshiba akan membangun sebuah pabrik khusus membuat layar LCD berukuran kecil.

Diperkirakan, dana yang akan dihabiskan untuk membuat pabrik itu mencapai 100 miliar Yen atau sekitar Rp 10,7 triliun.

Pabrik itu akan dibangun di wilayah Ishikawa, Jepang, oleh Toshiba Mobile Display Co. Panel LCD yang akan dihasilkan adalah jenis low-temperature polysilicon.

Mulai dibangun pada awal 2011, diperkirakan pabrik ini sudah bisa berproduksi di paruh kedua tahun yang sama. Saat ini fasilitas serupa sudah dimiliki Toshiba dengan kapasitas produksi 8,55 juta unit per bulan. Pabrik yang baru akan memiliki kapasitas dua kali lipatnya.

Apple turut menginvestasikan dananya untuk membangun pabrik tersebut. Tak heran, Apple memang akan melahap layar yang diproduksi di sana untuk iPhone. (Detik/Reuters)

Lihat Selengkapnya......

Dulu banyak orang mengira Mark Zuckerberg gila ketika ia menolak tawaran akuisisi Yahoo atas situs jejaring sosial buatannya Facebook dengan harga US$ 1 miliar (Rp 9 triliun). Tapi nyatanya, walau tawaran sudah dilipatgandakan, Mark tetap menolak.

Pada 2007 lalu Microsoft memberikan tawaran akuisisi US$ 15 miliar atau sekitar Rp 135 triliun, tapi tetap ditolak. Informasi ini terungkap pada konferensi pers web di Paris dengan judul "How to get acquired".

Direktur Strategi dan Akuisisi Senior Microsoft, Fritz Lanman, menegaskan bahwa Microsoft sudah berusaha untuk mengakuisi Facebook. "Ya kami mencoba untuk akuisisi, Facebook memiliki banyak kesamaan," kata dia.

Maka CEO Microsoft Steve Ballmer mendekati Mark Zuckerberg dan menawarkan US$ 15 miliar. Zuckerberg dilaporkan membalas Ballmer dengan mengatakan, "Mengapa bukan kami yang membeli perusahaan anda sebesar US$ 15 miliar?"

Usai penolakan tersebut, Microsoft membuat investasi US$ 240 juta (Rp 2,16 triliun) ke Facebook untuk kemitraan pencarian seperti yang ada sekarang.

Walau ada kerja sama dengan Microsoft, Zuckerberg menolak menjual situs jejaring sosial terbesar itu. "Saya tidak ingin menjual perusahaan, kecuali jika saya masih bisa terus mengontrolnya," kata dia.

Sumber : detik.com

Lihat Selengkapnya......


Seagate mengeluarkan produk andalannya, hard drive Barracuda Green. Drive desktop 3,5 inch ini diklaim ramah lingkungan dan cocok digunakan pada komputer berdaya rendah.

Hard drive Barracuda Green semula dikenal dengan Barracuda LP. Produk ini memadukan kecepatan putar 5900 RPM plus dibenamkan teknologi SmartAlign dari Seagate guna menjaga performa.

Produk ini juga mendukung program Seagate Think Green untuk menciptakan dunia yang dilengkapi dengan perangkat ramah lingkungan. Pasalnya, lebih dari 70 persen material yang digunakan alat ini dapat didaur ulang.

Selain itu, media penyimpanan yang ditawarkan dalam kapasitas 2 TB, 1,5 TB dan 1 TB ini menggunakan komponen-komponen halogen yang rendah guna mengurangi dampak negatif lingkungan atas zat ini.

"Hal ini penting karena kini industri sedang mengalami transisi ke format sektor 4K yang disebut Advanced Format untuk meningkatkan kapasitas dan menjaga koreksi dari kesalahan yang kuat," ujar BanSeng Teh, Wakil Presiden dan Managing Director Seagate Asia Pasifik dan Jepang.

"Bagaimanapun transisi ke Advanced Format tanpa teknologi SmartAlign dapat menjadi rumit dan membutuhkan langkah integrasi tambahan dan software utilitas untuk menghindari penurunan kinerja," imbuhnya, dalam keterangannya, Selasa (14/12/2010).

Lihat Selengkapnya......


Saat menjejakkan kaki di bulan pertama kali pada 1969, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin tampak berjalan perlahan. Kenapa mereka tampak hati-hati?







Berdasarkan pengakuan Neil Armstrong, seperti dikutip dari NPR, temperatur di Bulan sangat panas, diperkirakan sekitar 200 derajat Fahrenheit. Karenanya, mereka butuh berhati-hati untuk keselamatan.

“Kami menggunakan pakaian model baru yaitu seragam air yang didinginkan. Namun, kami tidak tahu seberapa lama dingin itu akan berlangsung,” kata Neil Armstrong. Ia juga mengaku khawatir atas waktu yang dibutuhkan untuk kembali lagi ke pesawat luar angkasa mereka.

Selain itu, NASA memerintahkan mereka untuk menunjukkan perjalanan pertama di Bulan itu di depan kamera yang ada.

“Kami hanya sedikit melakukannya. Selain itu, kami sangat dibatasi oleh waktu yang singkat untuk mengambil gambar di beberapa batuan dasar Bulan yang menarik.”

Tapi pada dasarnya, kata Neil Armstrong, kami merupakan sebuah tim yang melakukan perjalanan berbahaya. Improvisasi bukanlah pilihan yang baik, ujarnya singkat.


Sumber : ketok.com

Lihat Selengkapnya......


Drosnin

Penulis Michael Drosnin sangat khawatir Obama tidak diberi informasi rahasia soal senjata nuklir oleh Gedung Putih. Informasi itu berasal dari kode yang ada di Alkitab.

Drosnin sangat prihatin dan mengeluarkan iklan satu halaman penuh di New York Times. Ia menanyakan, "Mengapa Gedung Putih Tak Membiarkan Presiden Membaca Surat ini?" . Tulisan itu di bawah foto Osama bin Laden, dengan judul besar yang berbunyi, "Bin Laden Mungkin Sudah Memiliki Senjata Nuklir."



Bagaimana Drosnin mendapatkan informasi ini? Dia mendapatkannya dari Alkitab. Menurutnya kode di Alkitab menyembunyikan senjata nuklir. Kode itu juga jelas menyatakan Al Qaeda memiliki senjata nuklir.

Ratusan juta orang Kristen yang telah membaca Alkitab mungkin menggaruk-garuk kepala bagaimana mereka melewatkan referensi senjata nuklir dan Al Qaeda tersebut. Namun Drosnin yang merupakan penulis laris seri buku "Kode Alkitab”, mengklaim dia bisa melihat hal-hal itu di Alkitab yang orang lain tidak bisa melakukannya.

Drosnin percaya bahwa Alkitab berisi kode yang tersembunyi di dalam angka dan huruf yang secara akurat memprediksi peristiwa dunia. Namun pengritik Drosnin mengatakan, informasi yang didapat itu hanyalah hasil memilih set data dari lautan luas huruf acak dalam teks Alkitab secara selektif.

Sebagai contoh, fisikawan David E Thomas menunjukkan bahwa pola Drosnin dan yang lain berdasarkan hasil dari "penambangan data. "Jika Anda menjalankan program komputer yang melalui kumpulan teks dalam jumlah cukup besar termasuk Alkitab dengan mencari polanya (setiap 10 huruf atau setiap huruf 12) pada akhirnya akan mengeluarkan kata atau kalimat campur aduk yang dapat ditafsirkan masuk akal,” katanya.

“Ini semacam ruang penuh dengan monyet dengan mesin tik sehingga bisa menuliskan sesuatu jika waktunya cukup,” tambahnya.

Thomas menunjukkan pada LiveScience dengan men-download sebuah kutipan dari buku baru Drosnin yang ada di website-nya. Artikel itu berisi 3.681 karakter setelah menghilangkan spasi dan tanda baca, atau hanya lebih dari satu persen dari panjang Taurat, jelas Thomas.

"Aku menggunakan dua algoritma, dan meskipun bab itu pendek, itu menghasilkan istilah semacam 'Bible Codes'. Sebagai contoh saya menemukan kata 'sia-sia' dan 'tipuan' dalam satu analisis, dan 'megalomania'. Apakah kode ini berarti sesuatu? Tentu saja tidak?! Itu menunjukkan betapa mudahnya pesan yang tersembunyi dapat dihasilkan dari teks apapun, tidak hanya Taurat, " tegasnya.

Sumber : ketok.com

Lihat Selengkapnya......

Beberapa foto dan video yang diperkirakan adalah ponsel PlayStation dari Sony telah beredar di internet dalam beberapa pekan terakhir. Beberapa sumber juga sudah menyingkap spesifikasi serta kemampuan dari perangkat tersebut. Sony Ericsson diharapkan akan mengeluarkan ponsel dengan merk PlayStation yang dijalankan dengan OS Android pada bulan Februari.

Prototip pertama dari ponsel PlayStation hadir pada akhir Oktober kemarin. Menunjukkan bahwa perangkat tersebut dijalankan dengan menggunakan 1GHz prosesor dengan 1GB memori RAM dan 1GB ROM, juga diperkuat oleh OS Google Android. Perangkat prototip tersebut diberi nama Zeus, akan tetapi belum jelas versi mana yang akan digunakan.

Menurut laporan dari blog teknologi Engadget, beberapa perangkat sudah diujicobakan dengan Android 2.2 (Froyo), sementara lainnya dioperasikan versi baru 2.3 (Gingerbread).

Lalu, menurut Engadget pula, ditunjukkan bahwa ponsel PlayStation memiliki microSD card slot, layar empat inci, dan slide-out yang menyerupai kontrol pad PlayStation, dan lain-lain.

Secara keseluruhan, menurut Engadget, perangkat ponsel PlayStation tersebut terlihat cukup besar dan bermaterikan plastik, cukup berbeda dengan ponsel-ponsel Android lainnya macam Nexus S atau Motorola Droid X.

Sampai saat ini pihak Sony masih menyangkal keberadaan proyek dari ponsel ini. Mungkin saja Sony akan mengumumkannya secara resmi di Mobile World Congress di Barcelona pada bulan Februari nanti.

Sumber : ketok.com

Lihat Selengkapnya......


Rumor terbaru Apple dikabarkan sedang mengerjakan tablet iPad lebih kecil. iPad itu juga memiliki kamera di depan dan belakang.

Peluncuran iPad baru ini diharapkan untuk memperluas portofolio iPhone dan perangkat Macintosh di lanskap teknologi global dan pasar laptop. "Produsen iPad bersiap untuk putaran baru dalam produksi di kuartal pertama," ujar sumber yang tidak disebutkan namanya.

“Memiliki produk di berbagai ukuran dapat menarik lebih banyak orang,” ujar Shaw Wu, analis dari Kaufman Bros.

Kemunculan isu iPad yang lebih kecil hadir saat CEO Apple Steve Jobs mencemoh gagasan soal itu Oktober lalu. Padahal, Jobs memiliki sejarah mengalihkan pengamat Apple dari desas-desus dengan membantah gagasan tersebut. Jobs pernah mengejek isu iPod yang bisa memutar video. Tapi, bebeberapa bulan setelahnya produk itu muncul di pasaran.

iPad muncul di pasar komputer tablet sejak Januari lalu dengan 13 juta unit diharapkan akan dikapalkan hingga akhir tahun. Apple menargetkan jumlah tiga kali lipat di tahun depan sebagai cara memenuhi kebutuhan internasional.

Dua sumber mengatakan bahwa distributor Apple sedang bersiap dengan babak baru di kuartal pertama. Salah satunya mengatakan bahwa iPad akan menggunakan fitur kamera di depan dan belakang perangkat. Ini memungkinkan konferensi video via Facetime milik Apple. Sumber lainnya mengatakan bahwa perangkat ini lebih tipis dan memiliki resolusi tampilan lebih baik dari iPad sebelumnya.

iPad diharapkan meraih 70% pangsa pasar dari 60 juta komputer tablet yang terkapalkan di 2011.

sumber : ketok.com

Lihat Selengkapnya......

Akhir-akhir ini ilmuwan makin banyak mendapat bukti keberadaan kehidupan di tempat lain di alam semesta. Namun, apakah makhluk asing (ET) akan benar-benar ditemukan?
Beberapa hari terakhir peneliti menemukan mikroba yang hidup di arsenic. Awal tahun ini, untuk pertama kalinya astronom mengatakan menemukan planet yang berpotensi dapat dihuni.

“Bukti itu semakin kuat,” kata direktur Astrobiology Institute NASA Carl Pilcher. “Seolah bukti ini mengatakan, pasti ada kehidupan di luar sana".

Karena penelitian-penelitian ini masih baru, ilmuwan masih berdebat untuk mendapatkan kesimpulan solid. Pekan ini, beberapa ilmuwan mengkritik studi mikroba di arsenik dan mereka mempertanyakan keabsahannya.

Tanda-tanda kehidupan pertama cenderung mendekati bentuk lendir dibanding ekstraterestrial (ET). Lendir dapat berevolusi. Ilmuwan memperhitungkan kemungkinan adanya kehidupan di planet lain. Namun, inti sederhananya bergantung pada dua faktor dasar, berapa banyak tempat di luar sana yang mendukung kehidupan dan seberapa sulit kehidupan bertahan?

Temuan pekan lalu meningkatkan jumlah potensial hunian dan memperluas definisi kehidupan. Artinya, kemungkinan kehidupan asing lebih tinggi dari sebelumnya dan 10 ilmuwan menyetujuinya. Astronom senior SETI Institute California Seth Shostak mengatakan, “Semuanya mengarah ke kehidupan asing.”

Shostak mengatakan, berdasarkan bukti yang semakin menggunung, Bumi diyakini bukan menjadi satu-satunya tempat yang menyimpan keajaiban kehidupan. Namun, astronom belum memiliki bukti kehidupan lain. Tak ada alien hijau atau bakteri alien. Bahkan, mikroba arsenik yang ditemukan di Danau Mono California tak benar-benar alien. Mikroba itu hasil manipulasi laboratorium. Namun, astrobiologis NASA Chris McKay mengatakan sedang mencari kehidupan di Mars. “Hal ini merupakan hal nyata, dan kehidupan di tempat lain bukanlah anggapan konyol,” tegasnya.

Awalnya ada pertanyaan dasar di mana kehidupan seperti itu ada. Hingga beberapa tahun lalu, astronom mengira kehidupan bisa ditemukan di sekitar planet yang mengelilingi matahari. Di situlah, pencarian kehidupan terfokus. Sebanyak 90% bintang di alam semesta merupakan bintang kerdil merah, dan astronom mengasumsikan planet-planet itu tak memiliki kehidupan. Namun, tiga tahun lalu pakar NASA menyadari kemungkinan adanya kehidupan di planet yang mengorbit bintang kerdil merah.

Planet-planet itu harus lebih dekat dengan bintang dan tak berputar secepat bumi. Ilmuwan menganggap planet itu layak huni, meski kondisinya tak sama dengan bumi.

Astronom di University of Washington Donald Brownlee pesimistis karena ia yakin apa yang mungkin ada di luar sana tak mudah ditemukan. Jika ada, kemungkinan besar adalah mikroba yang tak dapat dilihat dari jarak jauh. “Selain itu, geologi dan gaya atmosfer pada planet mengevolusi kehidupan itu menjadi sesuatu yang kompleks atau cerdas,” katanya.

Jika kehidupan itu ditemukan, kandidat yang paling mungkin adalah Mars. “Kemungkinan kehidupan itu ada di bawah tanah di mana terdapat air,” kata astronom. Kemungkinan lain ada di bulan Jupiter bernama Europa atau bulan Saturnus Enceladus dan Titan.

Ilmuwan Harvard University Kaltenegger memaparkan, ada juga kemungkinan teleskop bisa melihat planet dengan atmosfer yang menunjukkan terjadinya fotosintesis. Kemudian, ada kemungkinan ditemukannya kehidupan asing di Bumi dari meteorit yang jatuh.

“Akhirnya, alien canggih akan menemukan kita atau kita dapat mendengar transmisi radio mereka,” kata McKay. Hal itulah yang dipelajari di SETI Institute, mendengarkan kehidupan cerdas. Di situ juga Shostak berinvestasi. Dalam kuliah publik, Shostak bertaruh secangkir kopi bagi semua orang. Ia bertaruh para ilmuwan akan menemukan bukti kehidupan asing pada 2026.

Lihat Selengkapnya......

Bahasa adalah ragam dari tidak lazimnya yang banyak digunakan dalam berbahasa indonesia, bahasa ini menggantikan bahasa prokem yang lebih lazim digunakan pada tahun sebelumnya..

Beberapa contoh yang mungkin menjadi bahasa gaul sekarang ini dan sekarang mungkin bahasa tersebut dibakukan (2010).

Beti = Beda tipis
Cakung = Cuaca mendukung
Maksi = Makan Siang
Edisud rahmat kartolo = Maksud Anda??
Yoi = Setuju
Yongkru = Ok
Jaim = Jaga image
Kane = Enak
Tajir = Kaya
Garing = Tidak lucu
Kemek = Makan
Bokin = Pacar
Ngensbray = Bersetubuh
Nyundut = Merokok
Kere = Miskin
Bokek = Tidak punya duit
Caur = Jelek
Bejibun = Banyak
Jutek = Sombong
Rempong = Repot
Leppy = Laptop
Boker, Pups = Buang air besar
Pepsi = Buang air kecil
Capcus = Berangkat
Dudul = Bodoh

Lihat Selengkapnya......

Blog Archive

IP Address Anda

Pengikut

Komentar Anda


ShoutMix chat widget

About this blog

Download Film Gratisss...