My Blogs

Menggapai Ilmu Setinggi Langit...

Berapa banyak kerusakan dari virus computer. Seorang penjahat internet mampu mencuri 130 juta credit card. Belum lagi laporan tersendiri diakhir tahun 2009. Kehilangan jumlah besar dengan nilai 120 juta dollar, karena kejahatan perbankan.

Dibawah ini 3 serangan dasar secara umum atas serangan malware :

Serangan Trojan.

Dasar serangan malware berasal dari internet itu sendiri. Website menjadi tujuan utama dimana dimulainya penyebaran dan infeksi malware kedalam computer. Sekarang penguna computer tidak perlu men-klik sesuatu agar terjadinya serangan pada computer. Serangan dapat datang tanpa campur tangan pemiliki computer.

Internet Explorer atau IE pernah dinyatakan tidak aman, dan banyak penguna computer pindah ke browser lain. Tetapi tetap saja tidak aman. Trojan bertugas mencari korban, lalu mendownload file lain untuk menginfeksi computer. Seperti Robin Hood, memanah lalu menarik tali dan tali akan menarik keranjang. Trojan membantu mendowload virus lain, efek berantai dalam satu serangan.

Dimana keberadaan Trojan. Paling banyak berada di situs porno atau jaringan P2P. Kedua sumber tersebut umumnya menjadi sumber infeksi tahap awal. Tetapi tidak sepenuhnya meraka berada disana. Banyak tempat aman yang dirasakan aman seperti situs pemerintahan bahkan pusat keagamaan juga ikut di serang. Atau serangan bisa di mulai dari perusahan kereta dan situs museum di Inggris juga pernah terinfeksi. Jadi dasarnya yang tidak aman adalah halaman website.

Uniknya, computer yang telah terserang terlihat aman dan normal saja. Karena trojan tidak selamanya membuat computer menjadi lambat atau membuat gerakan mouse menjadi aneh. Seperti tekanan darah tinggi, malware adalah pembunuh diam diam. Menunggu waktu yang tepat untuk menyerang.


Botnets


Botnet umumnya dibuat oleh orang yang memiliki tujuan jahat dengan skala besar. Melakukan pengumpulan computer secara perlahan dilakukan oleh pembuatnya. Serangan botnet juga tidak pernah terasa. Mendadak anda sudah kehilangan uang di bank.
 

Scareware


Yang satu ini sedang ramai dibuat dan banyak variasinya. Wujudnya saat ini adalah antivirus palsu. Tujuannya untuk mencari keuntungan. Seperti Ransomware atau software yang memeras anda secara sadar maupun tidak. 

Scare lebih banyak kaitannya dengan wujud antivirus palsu. Tahap umum serangan bisanya dalam langkah dibawah ini :
  1. Munculnya Pop Up atau jendela pada halaman browser dan lainnya. Memberi peringatan palsu bahwa computer sudah terinfeksi virus.
  2. Mendadak muncul tawaran sebuah antivirus yang pastinya palsu.
  3. Dan menyusul sebuah solusi bahwa computer bisa dibersihkan bila anda membayar versi Full antivirus (palsu).
Konyol, dari serangan antivirus palsu memang tidak mau pergi. Di click tetap saja nongol peringatan "you get infected" - computer anda sudah terinfeksi. Akhirnya tertipu ketika penguna computer yang kurang mengerti, menyerah dan nekat membeli antivirus palsu. Disana dimulainya penipuan dan bersiap menjadi korban oleh langkah lanjutan si Scammer / penipu.

Mereka yang cukup ahli juga bisa tertipu. Penjahat sudah mengantisipasi bila penguna computer akan mengambil langkah tertentu. Menghadapai hal ini, sebagian orang yang mengerti computer dengan OS Windows akan melakukan satu hal. 

Tekan CTRL + ALT +DEL, dan muncullah sebuah program Taskmanager. Disana penguna computer bisa mematikan program yang dianggap aneh. Misalnya Browser software yang dicurigai menganggu. Lalu di terminate - dimatikan secara manual.

Saat ini sudah muncul taskmanager palsu. Taskmanager yang palsu tersebut malah memicu infeksi. Berapa banyak trojan baru muncul dalam bentuk seperti keterangan diatas. Sekitar 100.000 trojan baru setiap hari.


Solusi

Teknik paling aman saat ini adalah memasang antivirus, dan secara periodik terus mengupdate. Terlebih bila computer sangat berhubungan dengan data pribadi misalnya transaksi perbankan. Sebaiknya terus menjaga antivirus mendapatkan update paling baru.

0 komentar:

Posting Komentar

IP Address Anda

Pengikut

Komentar Anda


ShoutMix chat widget

About this blog

Download Film Gratisss...