My Blogs

Menggapai Ilmu Setinggi Langit...

Baterai lithium-ion mungkin selama ini lebih dikenal hanya diperuntukkan bagi perangkat mobile macam ponsel dan kamera digital. Namun ternyata setelah dikembangkan sedemikian rupa, lithium-ion bisa juga jadi penyandang tenaga bagi kendaraan hybrid electric.

Para peneliti yang mampu mengungkap kemampuan menakjubkan baterai ini adalah Jusef Hassoun, Ki-Soo Lee, Yang-Kook Sun dan Bruno Scrosati dari University of Rome Spaienza, Italia dan Hanyang University, Korea Selatan. Studi mereka pun sudah dipublikasikan di jurnal American Chemical Society. Cara yang para peneliti itu lakukan adalah dengan meningkatkan performa dalam komponen elektroda yang digunakan di dalam baterai tersebut.

"Baterai ini pada intinya merupakan kombinasi baru antara katoda bertegangan tinggi dengan material anoda berstruktur nano. Ia juga dapat bekerja dengan kapasitas yang sangat stabil," ujar Scrosati ketika berbicara kepada PhsyOrg.com.

Dengan sejumlah inovasi yang mereka lakukan, baterai lithium ion yang dimaksud akhirnya bisa disulap untuk memberi tenaga bagi perangkat yang lebih besar. Salah satunya untuk mobil hybrid electric.

Misi yang dihadirkan pun sesuai dengan yang dibawa oleh mobil hybrid. Yakni hemat energi dan ramah lingkungan. Sebab, menurut Scrosati, baterai Lithium-Ion hasil kreasi timnya memiliki empat kelebihan.

"Yaitu dapat beroperasi lebih lama (sekitar 150-210 km/untuk kembali di-charge), bisa mencapai top speed lebih tinggi, biaya minim, dan menghadirkan performa dengan temparatur yang rendah," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

IP Address Anda

Pengikut

Komentar Anda


ShoutMix chat widget

About this blog

Download Film Gratisss...