My Blogs

Menggapai Ilmu Setinggi Langit...

Richard Stallman, pendiri Free Software Foundation, meluncurkan kritik pedas pada Chrome OS. Sistem operasi buatan Google itu disebut berbahaya.

Stallman bukan orang sembarangan kalau bicara soal sistem operasi. Ia adalah pencetus sistem operasi GNU, OS gaya UNIX yang dijadikan dasar pembuatan Linux.

Menurut Stallman, bahaya besar dari Chrome OS adalah desakan menyimpan data di server dan bukan pada komputer masing-maisng. Padahal server-server itu tidaklah dalam kendali pengguna.

"Di Amerika Serikat, anda kehilangan hak-hak legal jika menyimpan data di mesin milik perusahaan dan bukan milik pribadi. Polisi harus memiliki surat dari pengadilan untuk menggeledah data di rumah Anda, tapi di server, Anda tak perlu tahu apa-apa. Bahkan, bisa saja mereka melakukannya tanpa surat dari pengadilan," tutur Stallman.

Konsep dari Chrome OS memang sesuai dengan istilah 'cloud computing'. Semua data, dan bahkan aplikasi, pada Chrome OS disimpan di server. Stallman mengatakan, istilah Cloud Computing tidak cocok lagi. "Mungkin istilah 'careless (ceroboh-red) computing' akan lebih cocok," ujarnya.

Di sisi lain, Stallman menyukai bahwa Chrome OS sebenarnya dibangun di atas sistem operasi GNU/Linux. "Esensinya, Chrome OS adalah sistem operasi GNU/Linux. Tapi, ia dihadirkan tanpa aplikasi yang biasanya, dan diatur agar mengurangi dan mengesampingkan instalasi aplikasi," ia menambahkan. (Detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

IP Address Anda

Pengikut

Komentar Anda


ShoutMix chat widget

About this blog

Download Film Gratisss...